Select the search type
 
  • Site
  • Web
Search
 

Fasilitas

Mitrasana memiliki dokter-dokter yang terpercaya dan memberikan yang terbaik
Fasilitas POCT di Mitrasana

Terdapat di semua Outlet Mitrasana

Berita

01

Cara Menjaga Kesehatan Saat Puasa di Bulan Ramadhan

Tidak terasa kita sudah memasuki bulan ramadhan dimana umat Islam selalu menantikan bulan tersebut, bulan yang suci dimana setiap kegiatan yang bernilai pahala akan dilipatgandakan pahalanya dan salah satunya adalah puasa. Saat kita berpuasa kita tidak akan makan, minum dan menahan segala hawa nafsu kurang lebih selama 14 jam selama sehari, mulai dari saat fajar sampai matahari.

Tidak sedikit dari kita saat berpuasa yang mengabaikan aspek kesehatan dari tubuh kita. Sebenarnya sah-sah saja bagi kita untuk melakukan hal itu selama kita masih mampu untuk melaksanakan puasa, tapi alangkah baiknya jika kita juga menjaga kesehatan kita saat bepuasa agar ibadah kita di bulan ramadhan yang berkah ini berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan. Lalu apa saja yang harus kita lakukan untuk menjaga kesehatan selama bulan puasa?

Berikut adalah sedikit tips bagi anda untuk Menjaga kesehatan saat berpuasa di bulan ramadhan :

  • Hindari Makan Berlebih Ketika Sahur

       Makan sahue adalah sebagai bekal untuk menjalankan ibadah puasa. Agar puasa lancar dan tidak cepat merasa lemas pada siang hari. konsumsilah makanan yang mengandung zat gizi, protein, karbohidrat, vitamin, serta mineral dalam jumlah yang cukup. Makanan berserat, seperti : sayur dan buah agar lebih lama dicerna dalam tubuh sehingga memperlambat timbulnya rasa lapar. konsumsi karbohidrat haruslah dalam porsi yang sedang, makan terlalu kenyang dapat menggangu kenyamanan perut dan sistem pencernaan.

  • Hindari Tidur Setelah Makan Sahur

          Kebiasaan langsung tidur setelah makan sahur sangat tidak dianjurkan karena menggangu proses metabolisme. Tubuh memerlukan waktu untuk dapat mencerna makanan yang baru saja masuk. Makanan yang seharusnya disimpan dalam lambung dapat berbalik menuju ke atas kembali ke kerongkongan.Tentu makanan tersebut membawa naik ke atas, membuat erongkongan kering dan panas. Terkadang juga menimbulkan rasa mual, mules bahkan ingin muntah. Bila terpaksa Anda harus tidur, beri selang waktu 1-2 jam setelah makan, dan tidur dengan posisi setengah duduk atau bantal yang tinggi.

  • Cukup Minum Air Putih

          Untuk menghindari dehidrasi, cukupi air minum Anda setiap hari dengan mengkonsumsi setidaknya 2 Liter air diantara waktu berbuka hingga sahur. Dehidrasi membuat badan lemas dan membuat aliran oksigen di dalam tubuh tidak lancar.


  • Berolahraga

    Saat anda berpuasa bukan berarti anda harus berhenti berolahraga juga. Aktifitas fisik juga tetap dibutuhkan agar peredaran darah lancar dan kita tidak mudah letih serta badan selalu bersemangat. Pilihlah jenis olahraga yang ringan-ringan saja seperti jogging atau sekedar jalan santai saja, dikhawatirkan bila berlebihan bisa membuat anda lelah. Anda bisa melakukan olahraga saat pagi hari atau saat menjelang berbuka puasa, tarawih juga merupakan aktifitas yang bisa menjaga kebugaran tubuh anda. Hindari merokok, hal ini untuk menjaga kondisi badan anda selama berpuasa

  • Jangan Tidur Setelah Sahur dan Tidur Siang Yang Cukup

    Seperti yang dikutip dari “Detik Health”, Menurut Dr.H.Ari Fahrial Syam,SpPD, tidur setelah sahur dapat mengganggu proses sistem metabolisme tubuh anda. Sesaat setelah makan, makanan disimpan di dalam lambung dan ketika anda langsung tidur, makanan itu akan berbalik keatas lagi. Dan bila ini terjadi, makanan yang baru tiba di lambung akan berbalik kearah kerongkongan dan tentu saja akan ada asam lambung yang terbawa makanan itu sehingga tenggorokan terasa kering, panas dan terkadang bisa merasa mual dan ingin muntah. Hal ini bisa menjadi parah bila anda menderita penyakit maag. 

    Jika anda terpaksa tidur karena sangat mengantuk usahakan anda tidur 1-2 jam setelah makan sahur. Gunakan bantal saat tidur dan tinggikan posisi tubuh bagian atas atau bisa juga posisi setengah duduk untuk menghindari berbaliknya makanan dari arah lambung ke tenggorokan.

  • Segera Berbuka Puasa

    Jangan menunda untuk berbuka puasa, bersegeralah berbuka puasa seperti yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Dianjurkan untuk minum air putih dan makan beberapa biji kurma terlebih dahulu karena kurma dapat memulihkan kadar gula dengan cepat. Hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan saat berbuka puasa, makan terlalu banyak tidak hanya mengganggu kesehatan tetapi juga berdampak merasa mengantuk saat akan Salat Tarawih.

    Hindari berbuka puasa dengan minum es atau air dingin lainnya, karena bisa menyebabkan sirkulasi darah tidak optimal. Makanlah makanan yang yang sehat dan bergizi serta berkarbohidrat untuk memulihkan tenaga anda. Kunyah makanan dengan baik agar memudahkan organ pencernaan anda mencerna makanan, satu suapan 33 kali kunyahan.

  • Konsultasi ke Dokter

    Puasa seharusnya tidak memperburuk keadaan medis seseorang, bila anda memiliki penyakit segera konsultasikan ke dokter mengenai penyakit anda tersebut. Jika anda ingin tetap berpuasa, berkonsultasilah ke dokter saat anda merasakan gangguan kesehatan. Sebaiknya periksakan kondisi tubuh anda sebelum dan sesudah bulan ramadhan. Jika anda penderita diabetes kontrolah gula darah anda secara teratur, minum air yang cukup dan jangan makan yang manis-manis tanpa nasehat medis.

    Jangan hentikan pengobatan yang sedang anda jalani tanpa nasehat medis. Bagi anda yang menderita penyakit yang harus berobat secara berkala hal ini tidak boleh ditinggalkan. Jika perlu,  mintalah saran dari Ustadz serta Dokter mengenai puasa yang anda tinggalkan bila membawa resiko.

    Jika dalam keadaan tertentu anda bisa membatalkan puasa kalau hal tersebut bisa membahayakan keselamatan anda. Puasa di bulan ramadhan memang wajib namun jika hal tersebut berhubungan dengan masalah medis dan tidak bisa pulih dengan cepat anda bisa berhenti berpuasa terlebih dahulu, mungkin selama sehari atau lebih tergantung kondisi fisik anda, anda bisa mengganti puasa anda di lain hari.

  • Bersabar

    Puasa tidak hanya menahan lapar dan haus tetapi juga menahan hawa nafsu seperti yang telah disabdakan oleh Rasulullah. Manajemen Emosi, Bersabar, dan Mendekatkan diri kepada ALLAH adalah tujuan berpuasa dan secara psikologis hal tersebut bisa mempengaruhi mental – spiritual diri kita. Dan dengan mengendalikan emosi jiwa akan tumbuh sehat dan merasa dekat dengan ALLAH bisa membuat hati nyaman dan damai. Lalu hal terakhir adalah selalu berpikir positif untuk menjaga kesempurnaan puasa kita.

Itulah sedikit mengenai Cara Menjaga Kesehatan Saat Puasa di Bulan Ramadhan. Semoga bisa menjadi referensi untuk anda dalam menjaga kesehatan selama bulan ramadhan karena sehat sangat penting agar puasa tetap berjalan lancar. Anda juga bisa membaca artikel Cara Agar Tetap Semangat dan Fit Saat Puasa. Semoga puasa yang anda laksanakan bisa menjadi pahala yang berkah. Amin.


Sumber :

http://purwaka.blog.uns.ac.id/cara-menjaga-kesehatan-saat-puasa/

http://manfaat-puasa.blogspot.com/2015/01/cara-menjaga-kesehatan-saat-puasa.html


Posted in: Artikel

Comments

There are currently no comments, be the first to post one.

Post Comment

Only registered users may post comments.